Jumat, 15 Juli 2016

Olahan Menu Makanan Indonesia

Ubi jalar adalah tanaman budidaya yang kaya akan kandungan karbohidrat di buahnya. Ubi yang merupakan makanan pokok di Afrika, juga sangat diminati masyarakat Indonesia. di Indonesia ubi tidak hanya dimanfaatkan buahnya akan tetapi daun muda atau pucuknya pun banyak diminati. Oleh karenanya ubi juga banyak diolah menjadi beberapa menu makanan Indonesia.berbagai menu disajikan dengan bahan dasarnya dari ubi, diantaranya adalah :



1. Urab
Urab merupakan masakan yang berasal dari tanah sunda. Makanan orang sunda ini terbuat dari pucuk daun singkong. Makanan ini biasanya dijadikan teman makan nasi. Cara membuat urab sangat mudah , bahan – bahan yang digunakannya pun mudah didapat. Bahan yang utama harus ada pastinya daun singkong muda, kelapa, cabe merah, kencur, bawang merah , bawang putih, garam, gula merah. Pertama – tama rebus dahulu daun singkong muda, kemudia parut kelapa dam ambil ampasnya. Setelah itu tumbuh rempah – rempah yang telah disebutkan di atas, setelah semuanya siap maka tumis bumbu, masukan sedikit air, lalu masukkan ampas kelapa dan rebusan daun singkong muda, tambahkan hgaram secukupnya dan tambahkan irisan gula merah secukupnya. Oseng – oseng maka jadilah urab. Makanan ini sangat enak dihidangkan bersama goreng ikan asin dan nasi liwet dan biasanya ada di restoran yang menyediakan menu makanan Indonesia khas sunda.



2. menu makanan Indonesia yang berbahan dasar ubi lainnya adalah bakwan ubi. Ubi yang dipilih untuk membuat bakwan ubi adalah ubi manis yang berwarna oranye. Bahan – bahan yang diperlukan adalah ubi manis, terigu, gula merah, dan garam. Cara mengolahnya sama dengan cara mengolah bakwan pada umumnya. Hal yang pertama dilakukan adalah dengan memotong – motong ubi menjadi persegi panjang kecil kecil. Kemudian buat adonan bakwan dari teridu yang ditambah dengan garam dan irisan gula merah, campurkan dengan air lalu aduk hingga rata, masukkan ubi ke dalam adonan. Panaskan minyak dalam wajan , ambil takaran bakwan secukupnya kemudia di goreng di dalam minyak panas, maka bakwan ubi pun sudah dapat dihidangkan.
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It