Jumat, 19 Agustus 2016

Harga Printer Inkjet: Jika Musim Ujian Tiba

Pada saat ujian tiba, entah itu ujian tengah semester atau ujian akhir semester, situasi sekolah sedikit mulai sibuk. Kesibukannya ini muncul dari guru dan siswa. Siswa sibuk mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian, sedangkan guru sibuk menyusun istrumen soal dari mulai kisi-kisi soal sampai dengan mencetak soal. Kesibukan juga dialami oleh panitia ujian mulai menyusun administrasi perlengkapan ujian seperti penyusunan program kerja sampai penggandaan soal. 

Di beberapa sekolah, penggandaan soal ini menggunakan printer laser, tetapi tidak jarang mengunakan printer inkjet. Penggunaan printer ini disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi keuangan sekolah. Misalnya printer inkjet memiliki harga lebih murah jika dibandingkan dengan printer laserjet, tetapi kecepatan cetaknya lebih lama jika dibandingkan printer inkjet. Untuk itu printer inkjet cocok untuk membuat administrasi, sedangkan untuk penggandaan soal lebih cocok menggunakan printer laserjet.

Secara umum, terdapat tiga jenis printer. Printer inkjet, printer laserjet dan printer dot matrik. Printer inkjet merupakan printer yang menggunakan tinta dalam mencetak. Sedangkan printer jet merupakan printer yang menggunakan tinta bubuk atau biasa disebut dengan toner dan satu pencetak yang disebut drum. Printer ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan mesin foto copy sehingga hasil cetakannya lebih bagus. 

Adapun printer dot matrik adalah adalah jenis printer yang menggunakan metode pencetakan dengan pita. Ketiga printer ini memiliki kelemahan dan kelebihan. Kelebihan printer inkjet memiliki kecepatan tinggi dalam percetakan naskah dan foto, dan yang terpenting harga printer inkjet lebih murang jika dibandingkan dengan printer laserjet. Adapun kekurangan printer inkjet, untuk mencetak warna hitam putih kalah cepat jika dibandingkan laserjet, kadang-kadang ada gangguan pada catridgenya, relatif lebih lama keringnya. 

Sedangkan untuk printer dot matrik hanya dapat mencetak warna hitam, gambar kurang sempurna tetapi printer ini harganya murah jika dibandingkan dengan printer inkjet dan laserjet. Sehingga printer dot matrik cocok untuk perusahaan – perusahaan dan kurang cocok digunakan di sekolah.
Perusahaan Brother, sebagai perusahaan yang bergerak dibidang percetakan, memahami betul situasi sekolah terutama pada saat musim ujian telah tiba, untuk itu perusahaan ini mengeluarkan printer inkjet yang multifungsi, harga printer inkjet lebih murah dibandingkan produk lain dengan spesifikasi yang sama.
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It