Senin, 15 Agustus 2016

RETENSI JADWAL DALAM PENGHANCURAN ARSIP

Apakah anda pernah mendengar mengenai jasa penghancuran arsip? Ya jasa ini berupa pelayanan untuk menghancurkan arsip atau dokumen. Jasa ini membantu anda yang memiliki segudang hard file dan anda akan mencortirnya menjadi arsip yang lebih efisien, maka jasa ini akan memudahkan anda untuk memisahkan mana dokumen yang harus dihancurkan dan mana dokumen yang harus disimpan dengan baik. Memang dalam penghancuran arsip itu tidak boleh sembarangan dilakukan sebab dikhawatirkan adanya kesalahan ketika mensortir atau memilih dokumen atau arsip. Maka dari itu anda perlu menggunakan jasa pernghancuran arsip untuk membantu menghancurkan arsip – arsip anda secara efisien dan efektif juga akurat dan tepat.



Dalam pelayanannya jasa penghancuran arsip tentunya menggunakan metode kearsipan yang sesuai dnegan standar kearsipan yang menjungjung tinggi nilai integritas. Sebab menghancurkan arsip itu bukanlah suatu pekerjaan yang mudah dan cepat, tetapi memerlukan ketelitian dan manajemen yang tepat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menghancurkan arsip, yaitu seperti harus adanya jadwal retensi.

Jadwal retensi itu sendiri adalah suatu jadwal yang disusun dalam rupa daftar yang mengatur mengenai ketentuan arsip – arsip mana saja yang harus disimpan dan arsip – arsip mana saja yang haruis dihancurkan. Jadwal retensi ini pun bergantung pada dua hal. Hal yang pertama adalah berdasarkan waktu penyimpanan arsip tersebut, arsip – arsip tersusun dari seberapa arsip itu disimpan, ada arsip yang baru disimpan yang artinya masih harus dijaga dan ada juga arsip yang sudah lama tersimpan, artinya sudah tidak dipergunakan lagi dan jug sudah bisa dimusnahkan. Kemudian hal yang kedua yang harus diperhatikan adalah jangkan waktu arsip tersebut dari mulai disimpan hingga sekarang.

Adapun maksud dan tujuan dari pengadaan jadwal retensi ini adalah :
Untuk memisahkan mana saja ariso yang masih aktif untuk digunakan dan mana saja arsip yang sudah tidak aktif untuk digunakan.
Untuk memudahkan mana saja arsip yang terpilih untuk dimusnahkan.
Untuk menjga arsip – arsip yang masih penting atau yang masih bisa disimpam dan diperlukan.
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It