Senin, 22 Mei 2017

Persyaratan yang Harus Dipenuhi untuk Menjadi Seorang Sekretaris

Leave a Comment
Persyaratan yang Harus Dipenuhi untuk Menjadi Seorang Sekretaris

Sebelum Anda melamar sebagai sekretaris di suatu perusahaan, sebaiknya ketahui dulu persyaratan menjadi seorang sekretaris. Jabatan sekretaris adalah jabatan yang penting dan harus dikembangkan. Pekerjaan ini memerlukan keahlian dan ketrampilan yang bisa didapatkan melalui pendidikan sekretaris secara formal dan non formal.

Beberapa ketrampilan yang ditempuh dengan pendidikan formal adalah akunting, mengetik, pengelolaan informasi, stenografi dan menyimpan arsip. Formal saja dirasa masih kurang cukup, sekretaris bisa menjadi handal karena pengalaman yang memadai. Dari pengalaman itu, sekretaris akan menjadi lebih bijaksana dan lebih mampu mengerjakan perannya itu. 

Pahamilah syarat-syarat menjadi seorang sekretari, antara lain :

Personality

Kepribadian sekretaris harus sabar, disiplin, tekun dan tak gampang menyerah dalam keadaan apapun. Dia harus tangguh dalam menghadapi situasi yang sulit. Sekretaris juga wajib menjaga kejujuran, loyal, pandai mengelola kata-kata. Selain itu dia mesti memiliki sikap yang sopan dan dapat menjaga image perusahaan dimata publik.

General Knowledge

Setiap sekretaris mesti mempunyai kemampuan yang memadai tentang peralatan, perlengkapan dan perubahan keadaan. Dia harus mampu mengikuti perkembangan era yang khususnya berhubungan dengan kegiatan organisasi. Sekretaris harus memiliki pengetahuan luas dan tidak hanya mengacu pada satu ilmu saja.

Spesial knowledge

Pengetahuan khusus yang berhubungan dengan posisinya sebagai sekretaris merupakan syarat mutlak menjadi seorang sekretaris. Seperti tahu cara membuka rapat, mengatur jadwal pimpinan, bisa menghadapi sikap para klien dan publik serta masih banyak tugas sekretaris lainnya.

Skill and tecnic

Mampu mengaplikasikan pekerjaan seperti mengetik, surat-menyurat dan kearsipan. Seorang sekretaris harus paham betul tentang kegiatan tersebut. Karena ketrampilan itu, dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan sekretaris dalam mengembangkan perusahaan.

Practice

Selain memiliki beberapa ketrampilan diatas, sekretaris juga harus dapat menerima tamu dengan baik dan membuat mereka nyaman. Menerima telepon dan informasinya yang jelas dan lain sebagainya.

Persyaratan yang Harus Dipenuhi untuk Menjadi Seorang Sekretaris

Demikianlah persyaratan menjadi seorang sekretaris, agar Anda bisa memenuhinya alangkah baiknya Anda menempuh pendidikan sekretaris. Pilih tempat pelatihan yang berkualitas dengan tenaga pendidik yang berpengalaman dibidangnya. Anda bisa belajar di misi.id.
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 komentar:

Posting Komentar