Rabu, 19 Juli 2017

Peran Orang Tua Dalam Perkembangan Anak

Leave a Comment
Tahap perkembangan anak

Setiap pasangan suami istri yang baru menikah tentu mengidamkan seorang anak atau keturunan, karena pada hakikatnya sebuah pernikahan adalah untuk memperoleh keturunan sehingga anak itu merupakan hadiah atau titipan tuhan kepada setiap pasangan. Setelah memperoleh keturuanan ada tugas yang harus dihadapi oleh semua orang tua yaitu untuk menjaga dan membesarkannya dengan baik, serta mendidik anak tersebut agar menjadi orang yang bermanfaat di kemudian hari dan hal itu butuh proses yang tidak instan serta butuh pengorbanan dari semua orang tua.

Yang harus diperhatikan dari perkembangan seorang anak bukan hanya aspek fisiknya saja tapi juga aspek psikisnya juga agar kelak anak tersebut bisa tumbuh kembang secara menyeluruh.Tahap perkembangan anak bisa ditinjau dari beberapa aspek seperti aspek emosional, psokologis, dan juga biologis dari mulai lahir sampai tumbuh menjadi dewasa. Setaip orang tua tentu harus mengetahui tahapan-tahapan seperti apa yang harus dilewati setiap anak sesuai dengan usianya.

Banyak faktor yang bisa mempernagruhi tumbuh kembang seorang anak diantaranya adalah fakor keturunan dan juga faktor lingkungan dimana anak tersebut tinggal. Seorang anak biasanya akan mempunyai kemiripan dari segi sifat maupun bentuk fisik dengan kedua orang tuannya, baik ayah ataupun ibunya, itulah yang dimaksud dengan pengaruh faktor keturunan atau genetic.

Sedangkan yang dimaksud dengan faktor lingkungan adalah segala sesuatu yang berasal dari lingkungannya yang dapat mempengaruhi perkembangan seorang anak baik dari segi emosional dan juga psikologis, dan biasanya faktor leingkungan akan cukup mempengaruhi tumbuh kembang seorang anak. Maka dari itu orang tua harus benar-benar teliti dan memperhatikan lingkungan sekitarnya agar tumbuh kembang anak bisa tetap terjaga dengan baik.

Dengan mengetahui tahap perkembangan anak yang sesuai dengan usianya, orang tua akan bisa mengontrol dan mengarahakan anak agar tidak keluar dari jalur yang dapat berdampak negative terhadap perkembangan anak di masa yang akan datang. Karena peran orang tua amatlah penting dalam tumbuh kembang seorang anak.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 komentar:

Posting Komentar