Rabu, 18 November 2020

Aktivitas Stimulasi untuk Tumbuh Kembang Anak Usia 3 Tahun

Leave a Comment

Perlu bunda ketahui, si kecil yang mulai memasuki usia 3 tahun, akan mengalami perkembangan yang pesat pada otak dan emosinya. Itulah kenapa, bunda harus memperhatikan tumbuh kembang anak usia 3 tahun. Tujuannya yaitu agar bunda bisa mengoptimalkan tumbuh kembangnya menjadi lebih baik.


Pada 3 tahun pertama, tumbuh kembang mereka, terutama emosinya, akan berkembang pesat. Mulai dari perilaku, tersenyum, malu, hingga refleks. Nah, berikut beberapa cara-cara terbaik untuk menstimulasinya.


1.  Aktivitas Bermain Pasir, Melukis, atau Membuat Clay


Bunda bisa mengajak mereka untuk membuat benda dengan tangannya. Bebaskan si kecil untuk membuat bentuk apapun sesuai dengan keinginan dan kehendaknya sendiri. Tujuan dari aktivitas ini yaitu untuk merangsang kreativitas dan juga imajinasinya.



Aktivitas permainan tersebut juga bagus untuk sensorik halusnya. Aktivitas yang memelihara imajinasi dan kreativitas si kecil dapat membantu si kecil agar bisa mengembangkan keterampilan dalam memecahkan masalah dan mengembangkan pemikiran abstraknya.


2.  Ajak Menyusun Benda Sesuai Ukurannya


Meskipun tergolong jenis permainan yang sederhana, namun, aktivitas menyusun benda ini bagus untuk melatih konsentrasinya. Si kecil akan belajar untuk memfokuskan perhatian agar bisa menyelesaikan tugas tersebut.


Manfaat lain yaitu bagus untuk pembelajaran si kecil. Selain itu, belajar berkonsentrasi juga bagus agar si kecil mudah memecahkan masalah.


3.  Menceritakan Isi Buku yang Sudah Dibaca


Mulailah untuk mengoleksi beberapa buku cerita anak-anak. Bacakanlah buku-buku tersebut kepada si kecil. Setelah selesai membacanya, cobalah bertanya kepada mereka bagian-bagian yang sudah Anda ceritakan.


Pertanyaan-pertanyaan yang bisa Anda ajukan misalnya seperti benda, adegan, maupun tokoh-tokoh yang ada di dalamnya.


4.  Bermain Puzzle


Sudah lama puzzle menjadi salah satu permainan yang bagus untuk anak-anak. Permainan ini bagus untuk menantang otak si kecil yang sedang berkembang. Selain itu, permainan ini juga bagus untuk mengembangkan kemampuan berpikir si kecil agar jauh lebih optimal.


Silahkan pilih jenis puzzle yang cocok dan disukai oleh anak-anak. Kemudian, ajaklah mereka bermain bersama.


Nah, itulah beberapa jenis permainan yang dapat menstimulasi tumbuh kembang anak usia 3 tahun. Silahkan bunda pilih salah satu atau beberapa permainan di atas untuk menstimulasi tumbuh kembang si kecil.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 komentar:

Posting Komentar