Jumat, 06 Oktober 2023

Pentingnya Menjaga Keterikatan antara Ibu dan Bayi dengan Bonding

Leave a Comment


Setiap anak tentunya menginginkan kebahagiaan sedari kecil. Hal ini yang menjadi tanggung jawab orang tua termasuk ibu sebagai seseorang yang melahirkan. Kemudian harus dijaga dengan cara yang tepat agar terus bisa mencerminkan kebahagiaan untuk si kecil dari setiap fase usianya. Maka dari itu jangan pernah menyepelekan hal-hal kecil yang akan mampu membuat terjadinya keterkaitan antara ibu dana anak salah satunya adalah dengan bonding.


Merangsang respon bayi terhadap ibunya dengan bonding

Menjadi ibu yang peka sangat penting untuk mempererat ikatan batin. Merespon dengan cepat  kebutuhan bayi Anda, seperti mengganti popok, memberinya makan, atau menggendongnya saat ia merasa tidak nyaman, merupakan cara  efektif untuk menunjukkan kasih sayang dan kepedulian terhadap bayi Anda. Ini juga membantu bayi Anda merasa aman dan terlindungi. 


Meski artikel ini fokus pada kedekatan hubungan ibu dan anak, namun keterlibatan Ayah dan anggota keluarga lainnya dalam Keluarga juga sangat penting. Mendorong partisipasi aktif ayah dalam perawatan  dan interaksi dengan bayi akan membantu memperkuat ikatan keluarga secara keseluruhan. 


Memperkuat ikatan antara ibu dan bayi sangat penting karena dapat menumbuhkan rasa percaya diri yang positif pada bayi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ikatan antara ibu dan anak bisa terbentuk secara otomatis setelah lahir. 


Memang selama sembilan bulan, bayi tersebut selalu  bersama ibunya di dalam kandungan dan ikatan emosional terbentuk secara alami di antara keduanya. Bayi  baru lahir akan selalu “siap” untuk membentuk ikatan intrapersonal. 


Namun ada beberapa kondisi medis  dimana ibu tidak bisa segera menggendong dan menyusui bayinya, sehingga proses  bonding mungkin tertunda. Namun, ibu tetap bisa membangun hubungan dengan berbicara dan menyentuh bayi agar bayi bisa lebih mengenal ibu dan menjalin ikatan.


Pentingnya hal tersebut harus selalu ibu lakukan sejak dini agar bisa menghasilkan suatu ikatan bonding yang tepat antara keduanya. Maka dari itu perlu didukung juga dengan berbagai macam cara yang lain, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi suplemen untuk kesehatan ibu dan bayi yaitu Blackmores dengan berbagai macam kelebihan dan khasiatnya sehingga bisa membuat anda dan bayi semakin tumbuh dan berkembang dengan baik.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 komentar:

Posting Komentar