Tidak hanya memiliki jobdesk sebagai eksekutor kampanye iklan online, digital marketing agency juga memiliki serangkaian strategi pemasaran yang ampuh, untuk mewujudkan tujuan bisnis para klien mereka.
Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang sebenarnya dilakukan oleh agensi ini, sehingga bisa berakhir pada meningkatnya angka penjualan sebuah brand? Artikel ini akan mencoba mengupas tuntas rahasia besar dibalik strategi yang mereka gunakan.
Strategi yang Dijalankan Oleh Digital Marketing Agency
Sebagai sedikit gambaran, berikut adalah serangkaian pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh sebuah digital marketing agency. :
Pemahaman Terhadap Kebutuhan Kliennya
Biasanya, sebelum menjalankan eksekusi kampanye online, agensi akan mengadakan pertemuan dengan calon kliennya. Maksud dari diadakannya pertemuan ini, tentu saja untuk mengetahui kebutuhan, tujuan, serta kendala apa saja yang sedang klien mereka hadapi saat ini.
Perencanaan Serta Pembuatan Konten
Selanjutnya, strategi pertama yang paling penting dalam sebuah kampanye online adalah pembuatan serta pengoptimalan sebuah konten. Digital agensi ini akan menciptakan berbagai jenis konten, seperti video, artikel, infografis, dan podcast yang bisa menarik perhatian audiens target.
Penggunaan Iklan PPC (Pay-Per-Click)
PPC ini sendiri merupakan sebuah bentuk iklan online yang dimana pengiklan hanya membayar ketika iklannya sudah diklik oleh para audiens target. Jenis iklan ini sendiri merupakan salah satu metode termudah dan efektif, untuk membantu meningkatkan traffic dan juga konversi.
Social Media Marketing
Media sosial merupakan salah satu platform yang sangat kuat untuk mengaplikasikan sebuah strategi pemasaran digital. Biasanya mereka menggunakan berbagai plaform seperti Instagram, Facebook, ataupun Twitter untuk membangun kehadiran online sebuah brand, dan dapat berinteraksi langsung dengan target audiens.
Email Marketing
Meski tergolong cara lama, namun nyatanya email marketing ini masih menjadi salah satu strategi pemasaran digital yang sangat efektif. Agensi akan merancang kampanye email yang bersifat personal dan otomatis, guna untuk menjaga hubungan dengan audiens target dan berujung pada peningkatan penjualan.
Strategi SEO Lokal
Bagi pengusaha yang memiliki toko fisik, SEO lokal merupakan salah satu kunci untuk menarik pelanggan terdekat. Dengan menggunakan strategi ini, agensi dapat membantu meningkatkan visibilitas sebuah brand, dalam hasil pencarian skala lokal. Untuk cara kerjanya sendiri, biasanya mereka akan melakukan optimasi terhadap Google My Business dari kliennya.
Pengelolaan Terhadap Reputasi Online
Dijaman sekarang, reputasi online menjadi sebuah aset berharga bagi bidang bisnis apapun. Peran agensi disini setidaknya bisa membantu para kliennya dalam mengelola reputasi bisnis kliennya di ranah virtual. Meliputi diantaranya menangani ulasan yang bernada negatif, serta terus menjaga citra positif sebuah brand.
Conversion Rate Optimization (CRO)
CRO merupakan salah satu strategi pemasaran yang dijalankan oleh digital agensi, dengan tujuan untuk meningkatkan persentase pengunjung website, dan melakukan konversi tindakan yang diinginkan. Secara tidak langsung, mereka akan melakukan analisis terhadap perilaku para pengunjung website, dan mengidentifikasi apa saja yang menjadi penghambat tingkat konversi.
Melakukan Pelaporan Serta Evaluasi
Terakhir, digital agency ini akan memberikan laporan atas hasil kampanye yang sudah dilakukan kepada kliennya. Hal ini biasanya laporan seputar metrik utama, overview hasil kampanye, analisis perbaikan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Berbekal laporan ini, bisa menjadi bahan evaluasi penting bagi sebuah bisnis agar bisa lebih maju.
Itulah kiranya seputar rahasia di balik kinerja sebuah digital marketing agency ini, untuk membantu mewujudkan tujuan bisnis para kliennya. Bilamana Anda masih kesulitan dalam memilih agensinya, maka rekomendasi dari kami bisa memilih yang berpengalaman saja seperti dari IDEOWORKS.
0 komentar:
Posting Komentar