Kamis, 03 September 2015

Cara Mengoperasikan Mesin Kasir Secara Manual

Leave a Comment
Bicara tentang Mesin Kasir, yang terlintas di benak kita pastinya alat transaksi pembayaran yang hanya ada di pusat perbelanjaan besar (Mall), supermarket dan pusat belanja lainnya. Namun untuk saat sekarang ini, alat tersebut bisa kita jumpai tak hanya di pusat perbelanjaan besar saja, karena mesin tersebut kini sudah bisa kita jumpai di setiap tmpat usaha yang berhubungan dengan penjualan. Baik itu penjualan barang, makanan, dan lainnya. Alat ini diciptakan guna untuk mempercepat dan mempermudah transaksi pembayaran. Selain itu, alat ini juga berfungsi untuk menghindari kehilangan uang dari tangan jahil. Dan juga untuk menghindari komplain dari pelanggan atau konsumen jika terjadi kesalahan penghitungan.

Cara Mengoperasikan Mesin Kasir Secara Manual

Bagi anda yang baru membuka usaha atau bisnis di bidang pertokoan atau semacamnya, dan ingin menggunakan Mesin Kasir untuk transaksi pembayaran nya, kali ini saya akan memberikan masukan atau cara mengoperasikan mesin kasir secara manual. Adapun cara yang pertama yaitu, anda menghidupkan alat ini dengan anak kunci. Dan ini berlaku baik untuk cara manual ataupun elektrik.

Selanjutnya, pada waktu anda menerima pembayaran uang dari pelanggan atau konsumen, anda diharuskan untuk menekan kunci angka yang menunjukan sejumlah uang yang harus dibayar oleh pembeli. Lalu selanjutnya anda tekan kunci operasi. Namun jika menggunakan listrik, mesin akan langsung hidup dan mesin sudah bisa langsung dioperasikan. Jika hal yang tidak pernah anda duga terjadi, misalnya listrik mati. Mesin masih bisa beroperasi jika engkol diputar sekali dengan searah jarum jam. dan laci akan terbuka dengan sendirinya, juga layar akan menunjukan jumlah uang yang harus dibayar oleh pembeli. Setelah transaksi selesai dan laci sudah ditutup kembali, anda tekan kunci operasi dan engkol anda putar sekali lagi seperti tadi. Agar layar kembali ke posisi netral atau menunjukan angka nol.
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 komentar:

Posting Komentar