Kamis, 25 Februari 2016

Biaya Asuransi Mobil

Bagi sebagian pemilik mobil, masih ragu untuk mengasuransikan mobil mereka. Hal tersebut karena ada anggapan bahwa biaya asuransi kendaraan sangat mahal. Padahal jika anda pertimbangkan kembali biaya yang anda keluarkan sebanding dengan manfaat perlindungan yang akan anda dapatkan. Bagi anda yang tinggal di kota – kota besar dengan lalu lintas yang padat, bisa saja kecelakaan menimpa anda ketika berkendara.

Begitu juga dengan resiko tindak kejahatan, akibat bencana alam, atau mungkin juga akibat kerusuhan. Dengan mengasuransikan mobil, maka anda akan lebih tenang karena semua resiko kerusakan akan ditanggung oleh pihak asuransi. Anda tidak perlu lagi menyisihkan biaya tambahan untuk perbaikan mobil. Anda akan lebih tenang dan merasa lebih aman ketika berkendara.


Biaya asuransi kendaraan yang dibebankan kepada pihak tertanggung oleh setiap perusahaan asuransi tentunya berbeda – beda. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi besarnya biaya tersebut. Pertama, biaya yang ditanggungkan atau yang biasa disebut premi biasanya ditentukan berdasarkan jenis asuransi yang diikuti. Premi asuransi all risk akan lebih besar dari pada asuransi TLO. Hal tersebut disebabkan tanggungan resiko kerusakan yang diberikan lebih besar.

Asuransi all risk akan menanggung seluruh kerusakan yang dialami mobil. Sedangkan asuransi jenis TLO hanya akan menganggung biaya kerusakan yang lebih dari 75 % sehingga mobil tidak bisa digunakan. Kedua, besarnya biaya asuransi ditentukan oleh nilai tanggungan. Dalam hal ini nilai tersebut adalah harga mobil yang diasuransikan. Semakin besar nilai tanggungan maka permi yang harus dibayar juga semakin besar. Ketiga, biaya tanggungan juga ditentukan oleh perluasan yang dilakukan oleh peserta asuransi. Jika pemilik mobil mengasuransikan mobilny dengan melakukan perluasan resiko kerusakan karena banjir atau kerusuhan, maka biaya premi yang harus dibayar menjadi lebih besar.

Biaya yang dikeluarkan, tentunya sepadan dengan perlindungan yang akan anda dapatkan. Namun, anda juga perlu lebih jeli dalam memilih perusahaan asuransi. Selain itu anda juga perlu mempertimbangkan kebutuhan perluasan asuransi bagi mobil anda. Sesuaikan dengan kebutuhan keamanan bagi mobil anda. Perhatikan juga mengenai resiko yang mungkin dapat timbul bagi mobil anda. Dengan demikian anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan yang tidak perlu.
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It