Jumat, 21 Oktober 2016

Sayur Lodeh yang Enak dan Lezat


Meskipun sayur ini terbilang cukup sederhana tetapi rasanya begitu lezat dan menggugah selera. Sayur ini biasanya terdiri dari kreasi sayuran yang sangat beraneka ragam. Biasanya masing-masing ibu rumah tangga selalu menggunakan sayuran yang berbeda-besa dan sesuai dengan selera lidah masing-masing. Dan kenyataannya sayur ini memiliki perbedaan yang begitu beragam sesuai dengan daerah masing-masing. Namun meskipun begitu yang menjadi persamaanya yaitu dimana sayur lodeh ini selalu menggunakan salah satu komponen yang sama yaitu menggunakan santan.

Untuk mendapatkan kompisisi sayur yang satu ini anda tidak usah bingung lagi, karena kini banyak sekali pedangang sayur keliling yang menjajakan sayur ini di dalam menu dagangannya. Akan tetapi, dibandingkan harus membelinya alangkah baiknya anda membuat sendiri di rumah. Karena memang bahan dasar dan cara membuatnya pun sangat sederhana sekali. Terlebih hampir semua ibu-ibu rumah tangga mengetahui resep sayur lodeh yang nikmat ini. Untuk anda yang masih bingung dalam membuat sayur yang satu ini jangan merasa khawatir lagi. Menu masakan hari ini adalah resep dan cara membuat sayur lodeh yang enak dan lezat, berikut cara membuatnya :

Bahan utama yang di siapkan :

Melinjo secukupnya
100 gr kacang panjang
100 gr daun melinjo
200 gr labu siam
3 potong jagung
1 buah terung
1 potong tempe
600 ml santan
Bumbu-Bumbu:
1 sdt ketumbar
1 sdm garam
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
Gula putih secukupnya
2 Butir bumbu kaldu Maggi
Bumbu Pelengkap Lainnya:
3 buah cabai hijau
2 lembar daun salam
1 buah tomat
1 buah cabai merah
1 cm lengkuas
Cara Membuat Sayur Lodeh Sederhana
Cara Menyiapkan Bahan-bahan:
Potong kacang panjang dengan ukuran kurang lebih 2 cm.
Kupas labu siam lalu potong dengan bentuk dadu.
Potong terong dengan bentuk dadu.
Cara Membuat Bumbu:
Potong tomat yang telah disiapkan menjadi beberapa bagian.
Seteh itu, haluskan bawang putih, bawang merah, ketumbar dan kemiri, garam dan gula putih.
Lalu, iris serong cabai merah dan cabai hijau.
Cara Memasak:
Rebus terlebih dahulu santan yang telah disiapkan dan bumbu yang telah dihaluskan di dalam panci. Aduk-aduk tunggu hingga mendidih.
Lalu, masukan lengkuas, jagung, melinjo, labu siam dan kacang panjang. Masak semua bahan hingga matang.
Dan langkah terakhir yaitu, masukan cabai merah, melinjo, terung. Masak kembali hingga matang serta hingga bumbum meresap merata. Setelah itu angkat.
Itulah cara memasak sayur lodeh sederhana yang lezat menggugah rasa untuk menu masakan hari ini. Sayur lodeh ini akan nikmat bila disajikan dalam keadaan hangat dengan ditemani nasi hangat pula. Nah, anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain sesuai dengan selera anda. Selamat mencoba.
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It